24 Agustus 2016 10:48:28
Ditulis oleh admin

Visi dan Misi

Visi adalah sebagai gambaran tentang kondisi ideal yang diinginkan atau yang dicita-citakan oleh Pemerintah Desa masa yang akan datang, visi juga merupakan alat bagi Pemerintah Desa dan pelaku pembangunan lainnya melihat, menilai atau memberi predikat terhadap kondisi Desa yang diinginkan. Adapun visi Desa Bringin adalah sebagai berikut :

 Terwujudnya Infrastruktur Desa Yang Memadai Serta Mewujudkan Masyarakat Desa Bringin Yang Sejahtera, Religius, Serta Kuat dalam Bidang Ekonomi dan Budaya

Penjelasan Visi:

          Pada visi tersebut terdapat 6 kata kunci, yaitu: Infrastruktur, Sejahtera, Religius, Kuat, Ekonomi, Budaya, artinya bahwa dalam rangka mencapai tujuan pembangunan Desa Bringin yaitu masyarakat desa yang makmur dan sejahtera, maka dalam 6 tahun yang akan datang ini diperlukan upaya meweujudkan:

  1. Infrastruktur, yang dimaknai bahwa dengan mewujudkan infrastruktur yang memadai warga Desa Bringin akan mudah dalam melakukan aktifitas sehari – hari.
  2. Sejahtera, yang dimaknai bahwa pembangunan desa yang telah direncanakan dapat menyentuh kesejahteraan masyarakat desa dengan tanpa membeda – bedakan.
  3. Religius, yang dimaknai bahwa pembangunan desa yang akan dilaksanakan dapat mewujudkan masyarakat Desa Bringin yang agamis dalam menjalankan kegiatan sehari – hari.
  4. Kuat, yang dimaknai bahwa mewujudkan Masyarakat Desa Bringin kuat dalam berkehidupan Sosial, Ekomoni, dan Budaya.
  5. Ekonomi, yang dimaknai bahwa pembangunan desa dibidang pengembangan ekonomi dapat meningkatkan taraf hidup warga masyarakat Desa Bringin.
  6. Budaya, dimaknai bahwa pembangunan desa yang direncanakan untuk kurun waktu 6 tahun kedepan dalam pelaksanannya juga menjaga tradisi dan budaya Desa Bringin sehingga terwujud masyarakat yang berbudaya dalam hidup.

Keberadaan Visi ini merupakan cita-cita yang akan dituju di masa mendatang oleh segenap warga Desa Bringin. Dengan visi ini diharapkan akan terwujud masyarakat Desa Bringin yang maju dalam bidang pariwisata laut sehingga bisa menghantarkan kehidupan yang rukun dan makmur.

Di samping itu, diharapkan juga akan terjadi inovasi pembangunan desa sebagaimana Kewenangan dan Bidang yang telah diberikan  dalam berbagai bidang utamanya pertanian, perkebunan, pertukangan dan kebudayaan yang ditopang oleh nilai-nilai keagamaan.

  • MISI

Hakekat Misi Desa Bringin  merupakan turunan dari Visi Desa Bringin. Misi merupakan tujuan jangka lebih pendek dari visi yang akan menunjang keberhasilan tercapainya sebuah visi. Dengan kata lain misi Desa Bringin merupakan penjabaran lebih operatif dari Visi. Penjabaran dari visi ini diharapkan dapat mengikuti dan mengantisipasi setiap terjadinya perubahan situasi dan kondisi lingkungan di masa yang akan datang dari usaha-usaha mencapai visi Desa Bringin.

Misi adalah pernyataan yang menetapkan tujuan dan sasaran desa yang hendak dicapai, pernyataan misi membawa desa kepada suatu fokus prioritas program yang akan dilaksanakan. Misi inilah yang harus diemban oleh pemerintah desa untuk mewujudkan Visi desa. Adapun misi yang akan dilakukan adalah sebagai berikut:

Meningkatkan Pembangunan Desa Meliputi Sarana dan Prasarana Jalan Lingkungan Secara Bertahap guna memudahkan transportasi manusia dan barang, Serta Meningkatkan Insfrastruktur lainya sebagai penunjang kegiatan masyarakat dan pemerintah desa.

  1. Menumbuhkembangkan usaha kecil dan menengah memalui pelatihan Usaha UMKM dan Pemgembangan Usaha BUMDes dengan menambah unit usaha yang sudah berjalan.
  2. Meningkatkan Kerukunan Masyarakat dengan Melestarikan Budaya – Budaya, Peringatan Hari Besar Agama maupun Nasional, Serta Memelihara Tempat – Tempat Bersejarah seperti Pemakaman Umum Dan Makam Leluhur Desa.
  3. Meningkatkan pelayanan masyarakat secara terpadu dan akuntabel.
  4. Mewujudkan kemakmuran masyarakat desa dengan peningkatan program – program di bidang pertanian, pengairan, serta penyuluhan kesehatan bagi masyarakat desa.

 



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus