19 Desember 2019 13:00:00
Ditulis oleh admin

Musrenbangdesa Desa Bringin Montong

Penetapan RPJMDesa  2020-2025,RKPDes 2020 ,serta R-APBDes 2020 Desa Bringin Montong Tuban

Pasal 79 UU Desa menyebutkan bahwa Pemerintah Desa menyusun perencanaan Pembangunan Desa sesuai dengan kewenangannya dengan mengacu pada perencanaan pembangunan Kabupaten/Kota. Perencanaan desa dilaksanakan dengan menyusun dokumen:

  1. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa untuk jangka waktu 6 (enam) tahun; dan
  2. Rencana Pembangunan Tahunan Desa atau yang disebut Rencana Kerja Pemerintah Desa, merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa untuk jangka waktu 1 (satu) tahun.

 Dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri  No.114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa pada paragraf 2 pasal 31 disebutkan, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) menyelenggarakan musyawarah desa dalam rangka penyusunan rencana pembangunan desa.

Masih menurut pasal  tersebut, Hasil musyawarah Desa menjadi pedoman bagi pemerintah desa menyusupten rancangan  Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) dan daftar usulan RKPDes.  BPD menyelenggarakan musyawarah desa, paling lambat bulan Juni tahun berjalan.

Terkait  isi materi musyawarah desa soal RKPDes, pada pasal 32  dijelaskan,  musyawarah desa melaksanakan kegiatan antara lain : Mencermati ulang dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMDes); Menyepakati hasil pencermatan ulang dokumen RPJMDes ; dan Membentuk tim verifikasi sesuai dengan jenis kegiatan dan keahlian yang dibutuhkan.

Tim verifikasi dapat berasal dari warga masyarakat Desa dan/atau satuan kerja perangkat daerah kabupaten/kota.  Hasil kesepakatan dituangkan dalam berita acara. Berita acara menjadi pedoman kepala desa dalam menyusun RKPDes.

RKPDes  yang disusun oleh Pemerintah Desa ini disesuaikan  dengan informasi dari pemerintah daerah kabupaten/kota berkaitan dengan pagu indikatif desa dan rencana kegiatan Pemerintah, pemerintah daerah provinsi, dan pemerintah daerah kabupaten/kota.

Dalam penyusunan  RKPDes kegiatan yang dilakukan meliputi:

  1. Penyusunan perencanaan pembangunan desa melalui musyawarah desa;
  2. Pembentukan tim penyusun RKPDes;
  3. Pencermatan pagu indikatif desa dan penyelarasan program/kegiatan masuk ke desa
  4. Pencermatan ulang dokumen RPJMDes;
  5. Penyusunan rancangan RKPDes;
  6. Penyusunan RKPDes melalui musyawarah perencanaan pembangunan desa;
  7. Penetapan RKPDes;
  8. Perubahan RKPDes; dan
  9. Pengajuan daftar usulan RKPDes.



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus