POTENSI SIRSAK DI DESA PUNCAK

www.bringin-montong.desa.id Buah Sirsak atau sering di sebut warga Desa Bringin Nongko Londo merupakan buah yang tumbuh subur di daerah peDesaan seperti Bringin. Nongko Londo banyak di temui di sekitaran ladang, di hutan, bahkan di semak belukar.

Sebelumnya Nongko Londo ini dianggap buah yang biasa – biasa saja oleh masyarakat sekitar, mereka kadang menjualnya ke pasar – pasar tradisional itu saja dengan harga yang rendah, sehingga kadang mereka membiarkanya matang dan membusuk di pohonya ketika tidak ada tengkulak yang membelinya.

Akhir – akhir ini banyak program dari pemerintah Desa Bringin yang fokus terhadap pemberdayan masyarakat Desa, dengan harapan agar masyarakat Desa dapat hidup lebih sejahtera dengan menggali potensi yang ada di Desa. Pemerintah Desa bersama BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) melakukan kegiatan pencarian berbagai potensi Desa yang ada, dari berbagai potensi maka di sepakati buah Nongko Londo (Sisrsak)lah yang akan di gali potensinya.

Kemudian Pemdes beserta BUMDes melakukan berbagai kegiatan agar potensi Sirsak ini bisa maksimal. Salah satunya BUMDes mengadakan pelatihan bagi pemuda serta ibu – ibu PKK untuk mengolah sisrsak menjadi berbagai macam produk, seperti Kripik Sirsak, Juz Sirsak, Kopi Biji Sisrsak, Serta Selai Sirsak. Dalam acara tersebut Ketua BUMDesa Bringin SUGIYANTO dalam sambutanya menuturkan bahwa munculnya ide menggali potensi Sirsak ini berawal dari pertemuan – pertemuan dengan berbagai pihak termasuk dari Provinsi yang akhirnya menghasilkan bahwa Sirsaklah yang akan di gali potensinya, Di sambutan berikutnya Kepala Desa Bringin SUBANDI mengatakan bahwa Pemerintah Desa Bringin siap mendukung sepenunya agar buah Sirsak ini menjadi salah satu icon dan potensi Desa Bringin. Tepat seminggu setelah pelatihan olahan Sirsak, Karang Taruna Beserta Forkopinda Kecamatan Montong Mengadakan EXPO pada tanggal 5 – 8 Sepetmber 2018, di situlah kami memperkanlakan produk – produk olahan Sirsak kepada masyarakat luas.(skds)

 

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)